Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 14 Sei Sirah Kab. Pesisir Selatan

Musdi, Mutia Afriani (2021) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 14 Sei Sirah Kab. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MUTIA_AFRIANI_MUSDI_17129365_2042_2021.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga siswa tidak termotivasi dalam belajar, siswa merasa jenuh dalam belajar dan dalam pembelajaran siswa masih takut dan ragu dalam menyampaikan pendapatnya. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 14 Sei Sirah Kab. Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi ekperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 14 Sei Sirah Kab. Pesisir Selatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sehingga didapatkan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posstest kelas eksperiment yaitu 80,09 dan rata-rata posstest kelas kontrol yakni 65,43. Dari rata-rata posstest tersebut terlihat rata-rata posstest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 4,64 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 0,05 adalah 2,018. Dengan demikian H1 diterima sedangkan H0 ditolak , karena t hitung > t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 14 Sei Sirah Kab. Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Aug 2021 01:52
Last Modified: 04 Aug 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32682

Actions (login required)

View Item View Item