Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbais Video Animasi Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect di kelas IV SDN 27 Anak Air Kota Padang

Miranda, Miranda (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbais Video Animasi Menggunakan Aplikasi Adobe After Effect di kelas IV SDN 27 Anak Air Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_06_MIRANDA_17129360_2844_2021.pdf

Download (0B)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran tematik terpadu berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe After Effect dikelas IV SDN 27 Anak Air Kota Padang dilakukan karena pada sekolah tersebut sudah menyediakan fasilitas menggunakan teknologi namun belum dimanfaatkan sebaik mungkin dan guru masih menggunakan media pembelajaran yang sangat sederhana dan kurang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaranyang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Mengingat keterbatasan ruang, waktu, serta biaya peneliti, maka penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan pengembangan (develop). Subjek dari penelitian ini yaitu 3 orang ahli dan 1 guru kelas IV serta 24 siswa kelas IV SDN 27Anak Air kota Padang. Instrument yang digunakan antara lain lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjukkan: (1) media pembelajaran tematik terpadu berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe After Effectdikelas SDN 27 Anak Air kota Padang dinyatakan sangat valid dengan nilai rata rata ahli media88% , ahli materi 94% dan ahli bahasa 90% (2) respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran tematik terpadu berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe After Effect dikelas IV SDN 27 Anak Air kota Padang memperoleh kategori sangat praktis dengan nilai rata rata dari respon siswa 91 % dan respon guru 94%. Dengan demikian, media pembelajaran tematik terpadu berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe After Effectdikelas IV SDN 27 Anak Air kota Padang dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Aug 2021 01:51
Last Modified: 04 Aug 2021 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32676

Actions (login required)

View Item View Item