Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 06 Paninggahan

Rosa, Meci (2021) Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 06 Paninggahan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MECI ROSA_14155005_1597_2021.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar Negeri 06 Paninggahan Kab. Solok. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembelajaran pada siswa di SD Negeri 06 Paninggahan, dilihat dari sudut perencanaan pembelajaran (persiapan pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah, sistem pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, komponen pembelajaran, syarat pembelajaran, tahap-tahap pembelajaran dan faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun sasaran dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 06 Paninggahan terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Sumber data utama (primer), yaitu sumber data yang diambil peneliti melalui wawancara dan observasi dengan kepalas sekolah dan guru kelas. Sumber data tambahan (skunder), yaitu sumber data di luar kata–kata dan tindakan. Teknik Pengumpulan data yaiti wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan angket. Teknik anlisis data yaitu reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berkaitan rancangan pembelajaran dapat diketahui bahwa pada dasarnya Sekolah Dasar (SD) Negeri 06 Paninggahan mempunyai pandangan yang positif terhadap perencanaan pembelajaran. Sesuai data yang diperoleh di lapangan, baik melalui pengamatan dan hasil dari wawancara, menunjukan bahwa guru-guru di Sekolah Dasar (SD) Negeri 06 Paninggahan telah dapat membuat penyusunan tujuan pembelajaran walaupun belum maksimal seperti yang diharapkan dalam membuat pembelajaran berbasis kompetensi. Pelaksanaan proses belajar mengajar Sekolah Dasar (SD) Negeri 06 Paninggahan dalam penyampaian materi atau pembelajaran, guru telah melaksanakan dengan baik dan sesuai dengan prosedur kurikulum 2013. Materi disampaikan secara utuh dengan komponen antara lain adalah apersepsi, eksplorasi atau memperkenalkan materi. Mengulang materi dengan melakukan tanya jawab agar siswa aktif sehingga dapat membangun sendiri sikap perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan informasi bahwa guru di Sekolah Dasar (SD) Negeri 06 Paninggahan dalam memberikan evaluasi tidak terlalu merasa kesulitan, dalam memberikan evaluasi guru mengulang kembali materi sebelum dilaksanakan evaluasi. Hasilnya siswa tidak merasa kesulitan dalam menjawab sehingga hasil akhir dikatakan bagus dan memuaskan. Guru telah melaksanakan dengan baik evaluasi yang harus diberikan kepada siswa. Evaluasi yang diberikan dalam bentuk tes dan non tes. Adapun waktu pelaksanaan evaluasi dilaksanakan oleh guru secara rutin pada akhir satu kompetensi dasar selesai diulas. Memberikan evaluasi diakhir semester dan tengah semester

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Aug 2021 01:20
Last Modified: 04 Aug 2021 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32672

Actions (login required)

View Item View Item