Hubungan antara Persepsi Orang Tua Tentang Pendidikan Nonformal dengan Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Putus Sekolah di Kampung Kapalo Banda Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Marisa, Marisa (2021) Hubungan antara Persepsi Orang Tua Tentang Pendidikan Nonformal dengan Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Putus Sekolah di Kampung Kapalo Banda Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MARISA_16005069_1946_2021.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terpenuhinya kebutuhan pendidikan anak putus sekolah yang sedang atau pernah mengikuti kegiatan pendidikan nonformal yang diduga ada hubungannya dengan persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menggambarkan persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal, 2) menggambarkan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak putus sekolah, 3) melihat hubungan antara persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dengan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak putus sekolah. Penelitian ini bersifat korelasi, yaitu melihat hubungan antara persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dengan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak putus sekolah. Jumlah populasi sebanyak 24 orang tua. Penarikan sampel dengan menggunakan metode sampling jenuh, yaitu penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Maka sampel penelitian ini berjumlah 24 orang tua yang memiliki anak putus sekolah dan pernah atau sedang mengikuti kegiatan pendidikan nonformal. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dengan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak putus sekolah Di Kampung Kapalo Banda Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman adalah angket dengan menggunakan Skala Likert dengan 4 alternatif jawaban: selalu, sering, jarang, tidak pernah. Untuk mengukur hasil data penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dikategorikan kurang baik.; 2) Upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak dikategorikan kurang terlaksana dengan baik.; dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi orang tua tentang pendidikan nonformal dengan upaya pemenuhan kebutuhan pendidikan anak. Saran penelitian yaitu: 1) diharapkan kepada lembaga pendidikan nonformal setempat untuk lebih meningkatkan sosialisasinya kepada masyarakat supaya persepsi masyarakat tentang pendidikan nonformal semakin baik; 2) Diharapkan kepada orangtua untuk lebih memperhatikan kebutuhan belajar anak supaya anak dapat berkembang sesuai tahapan perkembangannya dan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas; dan 3) Diharapkan peneliti selanjutnya dapat menemukan ataupun meneliti variabel lain yang berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:49
Last Modified: 03 Aug 2021 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32668

Actions (login required)

View Item View Item