Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Guru Pembimbing Khusus dalam Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Autisme di SDN 09 Koto Luar

Sari, Lucia Deswita (2021) Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Guru Pembimbing Khusus dalam Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Autisme di SDN 09 Koto Luar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_LUCIA_DESWITA_SARI_16003026_1942_2021.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Studi ini membahas tentang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru pembimbing khusus dalam pelaksanaan pembelajaran matematika pada anak autisme di SDN 09 koto luar, sebagai salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di kota padang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru pembimbing khusus dalam poses pembelajaran matematika pada anak autisme di SDN 09 koto luar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. setting penelitian berada di SDN 09 koto luar, dengan informan penelitian yaitu guru pembimbing khusus kelas VI b, guru kelas VI, dan orang tua anak autisme. Hasil penelitian menemukan temuan umum dan 8 temuan khusus yaitu menyusun identifikasi dan asesment anak autisme, membangun sistem koordinasi anatara guru dan orang tua anak autisme, melaksanakan pendidikan pada anak autisme pada kegiatan pembelajaran matematika bersama-sama dengan guru kelas, layanan khusus bagi anak autisme, bimbingan secara berkesinambungan dan membuat catatan khusus, memberikan bantuan (berbagi pengalaman) terhadap guru dan orang tua anak autisme. kendala yang dihadapi dikelompokan menjadi 4 bagian, dari guru kelas, anak autisme, orang tua, guru pembimbing khusus. berdasarkan temuan umum dan temuan khusus, menunjukkan bahwa tidak semua tugas pokok dan fungsi guru pembimbing khusus terlaksana dengan baik. Hanya sebagian diantaranya kerja sama antara guru pembimbing khusus, guru kelas, dan orang tua anak autisme, bimbingan belajar matematika secara mandiri di ruang inklusi, serta membuat catatan aktivitas bimbingan anak autisme. Oleh karena itu hasil penelitian menyarankan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi nya guru pembimbing khusus hendaknya disesuaikan dengan ketentuan yang termuat dalam pedoman penyelenggara pendidikan inklusif, agar pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak autisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:49
Last Modified: 03 Aug 2021 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32667

Actions (login required)

View Item View Item