Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 8 di Kelas IV SD Negeri 12 Pisang Pauh Kota Padang

Kurniawan, Haby (2021) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning pada Tema 8 di Kelas IV SD Negeri 12 Pisang Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HABY KURNIAWAN_17129213_2846_2021.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan kurangnya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri penyelesaian masalah pada materi pelajaran sehingga siswa menjadi tidak aktif, kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, dan hasil belajar siswa tidak meningkat bahkan bisa menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model DiscoveryLearningpada tema 8 di kelas IV SD Negeri 12 Pisang Pauh Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan siswa kelas IVB SD Negeri 12 Pisang Pauh Kota Padang dengan jumlah siswa 27 orang yaitu 10 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata persentase pengamatan RPP pada siklus I 80,6% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 91,7% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, rata-rata persentase untuk aspek guru dan aspek siswa pada siklus I yaitu 79,7% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan dari hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh rata-rata 71,7 (persentase ketuntasan 25,9% dengan kualifikasi baik) meningkat menjadi 86,5 (persentase ketuntasan 59,3% dengan kualifikasi sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran DiscoveryLearning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IVB SD Negeri 12 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:17
Last Modified: 03 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32661

Actions (login required)

View Item View Item