Pengaruh Kecerdasan Emosi terhadap Kesantunan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun dengan Modelling Orangtua Sebagai Moderating

Felayati, Felayati (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosi terhadap Kesantunan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun dengan Modelling Orangtua Sebagai Moderating. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FELAYATI_18330010_1650_2021.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa masalah, seperti anak berkomunikasi dengan teman sebaya menggunakan kalimat yang kasar, ketika emosional anak menghardik dan berkata kotor. Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh dampak buruk bahasa media sosial dan lingkungan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap kesantunan bahasa anak usia 5-6 tahun murid TK Pembangunan Laboraturium UNP dengan modelling orangtua sebagai variabel moderating. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan mix method dan desain sequential explanatory. Populasi penelitian adalah murid TK Pembangunan Laboraturium UNP, dengan sampel 10 murid yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yakni kuesioner kecerdasan emosi, modelling, dan kesantunan bahasa, dengan model likert. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kecerdasan emosi dan modelling orangtua sebagai variabel moderating berpengaruh secara signifikan terhadap kesantunan bahasa anak usia 5-6 tahun sebesar 30,6%. Secara kualitatif hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mampu mengaplikasikan prinsip dari enam maksim seperti berterimakasih, tolong-menolong, bekerjasama, berbagi dan empati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:17
Last Modified: 03 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32660

Actions (login required)

View Item View Item