Pengembangan MediaCompact Disk Lagu untuk Menstimulasi Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Habibi Kota Pariaman

Sameto, Mayang Belia (2020) Pengembangan MediaCompact Disk Lagu untuk Menstimulasi Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Habibi Kota Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MAYANG_BELIA_SAMETO_17330028_2882_2020.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu bentuk kemampuan dasar yang harus dikembangkan pada anak usia dini salah satunya adalah kemampuan emosional. Pemilihan media yang digunakan juga harus diperhatikan agar dapat mempengaruhi emosi positif pada anak usia dini. Oleh karena itu digunakan "media compact disk lagu" untuk menstimulasi emosional anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan media compact disk melalui lagu dalam menstimulasi perkembangan anak usia dini di TK Habibi Kata Pariaman. 2) Untuk mendekripsikan desain media compact disk melalui lagu untuk menstimulasi perkembangan emosional anak usia dini di TK Habibi Kata Pariaman. 3) Untuk mengetahui kepraktisan dan efektifitas model compact disk melalui lagu dalam menstimulasi emosional perkembangan anak usia dini di TK Habibi Kata Pariaman. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model 4-D. Penelitian dilakukan di TK Habibi Kata Pariaman. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi belajar dan lembar pengamatan (efektivitas), angket (validitas, praktikalitas) dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas media compact disk yang telah dibuat. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji praktikalitas media pembelajaran oleh 3 orang guru Taman Kanak-kanak Habibi Kata Pariaman dengan penilaian pada kategori sangat baik dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:17
Last Modified: 03 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32658

Actions (login required)

View Item View Item