Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Sekolah Dasar Setia Kelas IV Tahun Ajaran 2019/2020

Sariayu, Maria Ratna (2020) Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Sekolah Dasar Setia Kelas IV Tahun Ajaran 2019/2020. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_1_MARIA_RATNA_SARIAYU_18124026_3531_2020.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pembelajaran yang disampaikan oleh guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan pembelajaran tematik sesuai dengan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Setia tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran tema 7. J enis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Setia Padang dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki laki dan 20 orang siswa perempuan dan peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus. Siklus I dilaksanakan 2x pertemuan dan siklus II dilaksanakn lx pertemuan. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata aspek kognitif dan psikomotor diperoleh hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 65,9, PPKn sebesar 66,9 dan IPS sebesar 64,9. Pada pertemuan 2 siklus 1 mengalami peningkatan dari sebelumnya yaitu dari rata-rata aspek kognitif dan psikomotor diperoleh hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 70,77, PPKn sebesar 71,17 dan IPS sebesar 70,97. Pada siklus 2 mengalami peningkatan pertemuan 1 dari rata-rata aspek kognitif dan psikomotor diperoleh hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 76,01, PPKn sebesar 77,42 dan IPS sebesar 76,81. Pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami peningkatan dari rata-rata aspek kognitif dan psikomotor diperoleh hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia sebesar 79,64, PPKn sebesar 82,27 dan IPS sebesar 81,25 dan dinilai sudah tuntas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:17
Last Modified: 03 Aug 2021 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32653

Actions (login required)

View Item View Item