Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have (QSH) dengan Memperhatikan Kemampuan Awai terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 4 Kerinci

Fitria, Juanda (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have (QSH) dengan Memperhatikan Kemampuan Awai terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 4 Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_JUANDA_FITRIA_18177009_4116_2020.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Pemahaman peserta didik yang belum maksimal tentang materi pelajaran yang disampaikan oleh guru mengakibatkan rendahnya kompetensi peserta didik kelas X SMAN 4 Kerinci. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan biologi peserta didik kelas X SMAN 4 Kerinci masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu penyebabnya adalah guru cenderung menerapkan metode ceramah dan tanya jawab. Guru biologi menekankan pembelajaran pada aspek pengetahuan. Rendahnya hasil belajar juga ditentukan oleh pengetahuan awal siswa. Mengatasi masalah tersebut, digunakan model pembelajaran QSH dengan memperhatikan kemampuan awal untuk meningkatkan kompetensi biologi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran QSH dengan memperhatikan kemampuan awal terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 4 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 4 Kerinci tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk penilaian kompetensi ranah pengetahuan dan non tes berupa lembar observasi untuk penilaian pada ranah sikap dan keterampilan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk normalitas data dengan uji Liliefors, homogenitas variansi dengan uji F dan hipotesis pada ranah pengetahuan dengan uji anova dua arah, hipotesis ranah sikap dan keterampilan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif secara signifikan pada model pembelajaran QSH terhadap kompetensi ranah pengetahuan baik kemampuan awal tinggi maupun pada kemampuan awal rendah peserta didik (2) terdapat pengaruh positif secara signifikan pada model pembelajaran QSH terhadap kompetensi ranah sikap peserta didik (3) terdapat pengaruh positif secara signifikan pada model pembelajaran QSH terhadap kompetensi ranah keterampilan peserta didik, (4) tidak terdapat interaksi secara signifikan antara model pembelajaran QSH dengan kemampuan awal peserta didik terhadap kompetensi ranah pengetahuan belajar biologi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:16
Last Modified: 03 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32646

Actions (login required)

View Item View Item