Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Penurunan Sikap Siswa terhadap (Cyber Crime) Kejahatan melalui Media Sosial (Studi pada Siswa di SMA Negeri 2 Kota Padang)

Furqon, Al (2021) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Penurunan Sikap Siswa terhadap (Cyber Crime) Kejahatan melalui Media Sosial (Studi pada Siswa di SMA Negeri 2 Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AL_FURQON_15151003_2097_2021.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Akhir-akhir ini sering terjadi kasus-kasus siswa yang menceritakan masalah pribadi di media sosial yang sifatnya sangat rahasia, mencela teman atau orang lain di media sosial atau cyber crime, membobol akun orang lain dan sampai pada pencemaran nama baik. Kondisi tersebut mengambarkan bagaimana sikap siswa dalam menggunakan media sosial. Layanan bimbingan kelompok memiliki tujuan mendorong siswa pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang menunjang perwujudan tingkah laku yang lebih efektif. Layanan bimbingan kelompok memiliki tujuan mendorong pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang menunjang perwujudan tingkah laku yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam penurunan sikap siswa terhadap kejahatan melalui media sosial cyber crime. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi- eksperimen, menggunakan non randomized pretest-posttest control group design. Pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian delapan belas orang dengan kategori sikap terhadap kejahatan melalui media sosial (cyber crime) sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah model Skala Likert, selanjutnya akan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampel dengan bantuan SPSS versi 16.00. Hasil penelitian penelitian ini, disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam menurukan sikap siswa terhadap kejahatan melalui media sosial (cyber crime). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mengalami penurunan skor sikap akan tetapi kelompok eksperimen mengalami penurunan lebih besar daripada kelompok kontrol. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pihak terkait agar dapat kerjasama dalam membentuk sikap yang positi terhadap kejahatan melalui media sosial (cyber crime).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:16
Last Modified: 03 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32644

Actions (login required)

View Item View Item