Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Student Facilitator And Explaining (SFE) di Kelas IV SD Negeri 50 Padang Tongga Kabupaten Agam

Ana, Aa Putri (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Student Facilitator And Explaining (SFE) di Kelas IV SD Negeri 50 Padang Tongga Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AA_PUTRI_ANA_17129288_2650_2021.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa juga kurang mendapatkan konsep-konsep dari berbagai pelajaran dalam satu pembelajaran, serta keberanian siswa berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurang terlihat itu disebakan oleh masih minimnya pengembangan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajarsiswa pada pembelajaran tematik menggunakan model Student Facilitator And Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN 50Padang Tongga Kabupaten Agam. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakandokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP rata-rata siklus I 83,33% (baik) dan rata-ratasiklus II 94,44% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaanrata-rata siklus I 81,25% (baik) dan rata-ratasiklus II 90.62% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I 84,37% (baik), dan siklus II 93.75% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik padarata-rata siklus I diperoleh dengan rata-rata 76,27 serta persentase 68,75% danrata-rata siklus II dengan rata-rata 84,63 serta persentase 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Student Facilitator And Explaining.dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:16
Last Modified: 03 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32643

Actions (login required)

View Item View Item