Pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori –Ekologi Terhadap Peningkatan Perkembangan Kognitif Dan Sosial Pada Anak Usia Dini di Kota Padang

Helena, Helena (2020) Pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori –Ekologi Terhadap Peningkatan Perkembangan Kognitif Dan Sosial Pada Anak Usia Dini di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HELENA_17330023_2580_2020.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang digunakan belum memperhatikan prinsip- prinsip belajar yang terdapat pada teori-teori belajar yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bagi perkembangan kognitif dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori - Ekologi Terhadap Peningkatan Perkembangan Kognitif Dan Sosial Pada Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan eksperimen faktorial 2 x 2. Kelompok yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar dengan mengunakan metode PSB MUGI, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan menggunakan metode Inkuiri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa instrument observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisa varian (ANAYA). Temuan penelitian ini secara rata-rata dan signifikan menunjukkan bahwa perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini berbeda setelah diberikan model PSB Mugi dan Inkuiri. Model PSB Mugi lebih efektif dalam mengoptimalkan perkembangan anak, terutama pada perkembangan sosial. Secara keseluruhan tingkat perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini dengan menggunakan model PSB Mugi memberikan kontribusi dan dampak positif pencapaian peningkatan perkembangan kognitif yang mana sebelum diterapkan model PSB Mugi perkembangan kognitif dan sosial anak berada pada kategori rendah dan setelah diterapkan model PSB Mugi tingkat perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini meningkat atau berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:16
Last Modified: 03 Aug 2021 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32642

Actions (login required)

View Item View Item