Pengembangan Sistem lnformasi Evaluasi Pendidikan Berbasis Web di STMIK GICI Menggunakan Metode System Development Life Cycle (SDLC).

Hariselmi, Hariselmi (2020) Pengembangan Sistem lnformasi Evaluasi Pendidikan Berbasis Web di STMIK GICI Menggunakan Metode System Development Life Cycle (SDLC). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HARISELMI_18138046_3962_2020.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendukung pelayanan sistem informasi terhadap evaluasi pendidikan secara online. Penggunaan sistem informasi evaluasi pendidikan secara online akan memberikan sumbangan praktis dalam penyimpanan data kegiatan evaluasi pendidikan yang dilakukan dan proses evaluasi pendidikan lebih cepat karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun sehingga sangat membantu mahasiswa dalam memperoleh informasi yang cepat dan akurat. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi enam tahap yaitu (1) Studi Kelayakan, (2) Investigasi (3) Analisa, (4) Perancangan, (5) Penerapan, (6) Peninjauan dan Perawatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: ( 1) Validitas pengembangan sistem informasi evaluasi pendidikan dinyatakan valid pada aspek kualitas materi dengan nilai 0,869, pada aspek kualitas penyajian dinyatakan valid dengan nilai 0,822, pada aspek kualitas grafik dinyatakan valid dengan nilai 0,850, pada aspek kualitas komunikatif dinyatakan valid dengan nilai 0,958 dan valid pada aspek kesesuian tema dengan nilai 0,875. Rata-rata kevalidan menurut kelima ahli adalah 0,874. (2) Praktikalitas pengembangan sistem informasi evaluasi pendidikan dinyatakan sangat praktis dengan nilai 90,22% (3) Efektivitas pengembangan sistem informasi evaluasi pendidikan dinyatakan baik sekali dengan nilai 92,88%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:15
Last Modified: 03 Aug 2021 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32641

Actions (login required)

View Item View Item