Kontribusi Dukungan Sosial dan Kebermaknaan Hidup terhadap Stres Narapidana Tindak Asusila di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Muaro Padang

Annisa, Dona Fitri (2020) Kontribusi Dukungan Sosial dan Kebermaknaan Hidup terhadap Stres Narapidana Tindak Asusila di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Muaro Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DONA_FITRI_ANNISA_17151017_4067_2020.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya stres narapidana tindak asusila di Lembaga Pemasyarakatan. Dukungan sosial dan kebermaknaan hidup merupakan faktor yang diduga mempengaruhi stres narapidana tindak asusila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) dukungan sosial, kebermaknaan hidup dan stres narapidana tindak asusila, (2) kontribusi dukungan sosial terhadap stres narapidana tindak asusila, (3) kontribusi kebermaknaan hidup terhadap stres narapidana tindak asusila, dan ( 4) kontribusi dukungan sosial dan kebermaknaan hidup secara bersama-sama terhadap stres narapidana tindak asusila. Penelitian nu menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh narapidana tindak asusila di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Muaro Padang yang berjumlah 132 orang dan 30 orang narapidana tindak asusila dijadikan data untuk uji validitas, serta dalam penelitian ini tidak dilakukan penarikan sampel. Jadi, sampel penelitian berjumlah 102 orang narapidana tindak asusila. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, dukungan sosial narapidana tindak asusila pada kategori rendah, (2) kebermaknaan hidup berada pada kategori tidak bermakna, (3) stres narapidana tindak asusila berada pada kategori sangat tinggi, (4) dukungan sosial berkontribusi terhadap stres narapidana tindak asusila, ( 5) kebermaknaan hidup berkontribusi terhadap stres narapidana tindak asusila, (6) dukungan sosial dan kebermaknaan hidup berkontribusi secara bersama-sama terhadap stres narapidana tindak asusila. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling dan sebagai dasar dalam penyusunan program.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:26
Last Modified: 02 Aug 2021 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32608

Actions (login required)

View Item View Item