Alih Kode dan Campur Kode pada Komunikasi Guru dan Siswa via WhatsApp dalam Pembelajaran Daring Kelas XI MAN 2 Pasaman Barat

Azimah, Azimah (2020) Alih Kode dan Campur Kode pada Komunikasi Guru dan Siswa via WhatsApp dalam Pembelajaran Daring Kelas XI MAN 2 Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_AZIMAH_16016047_2456_2020.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan empat hal: (1) mendeskripsikan jenis alih kode pada komunikasi guru dan siswa via WhatsApp dalam pembelajaran daring kelas XI MAN 2 Pasaman, (2) mendeskripsikan penyebab terjadinya alih kode pada komunikasi guru dan siswa via WhatsApp dalam pembelajaran daring kelas XI MAN 2 Pasaman Barat, (3) mendeskripsikan jenis campur kode pada komunikasi guru dan siswa via WhatsApp dalam pembelajaran daring kelas XI MAN 2 Pasaman Barat, dan (4) mendeskripsikan penyebab terjadinya campur kode pada komunikasi guru dan siswa via WhatsApp dalam pembelajaran daring kelas XI MAN 2 Pasaman Barat . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran daring via Whatsapp kelas XI MAN 2 Pasaman Barat yang mengandung unsur alih kode dan campur kode. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui tiga tahap. Tahap pertama, mengambil screenshot percakapan guru dan siswa via WhatsApp saat pembelajaran daring melalui foto dan video tangkapan layar handphone seorang siswa kelas XI MAN 2 Pasaman Barat yang tergabung dalam grup WhatsApp tersebut. Tahap kedua, mentraskripsikan data ke dalam bentuk tulisan. Tahap ketiga, menginventarisasikan data ke dalam format pencatatan. Selanjutnya, hasil transkripsi akan dianalisis berdasarkan jenis alih kode dan campur kode serta penyebab terjadinya alih kode dan campur kode. Berdasarkan temuan penelitian tentang alih kode dan campur kode pada komunikasi guru dan siswa via WhatsApp dalam pembelajaran daring kelas XI MAN 2 Pasaman Barat, disimpulkan bahwa terdapat tuturan guru dan siswa yang mengandung unsur alih kode dan campur kode. Jenis alih kode ada dua, yaitu: alih kode intern dan alih kode ekstern. Penyebab terjadinya alih kode pada komunikasi guru dan siswa via WhatsApp dalam pembelajaran daring kelas XI MAN 2 Pasaman Barat ada lima, yaitu: (1) pembicara atau penutur, (2) pendengar atau lawan tutur, (3) perubahan situasi karena hadirnya orang ketiga, (4) perubahan dari formal ke informal atau sebaliknya, dan (5) perubahan topik pembicaraan. Jenis campur kode pada komunikasi guru dan siswa via WhatsApp dalam pembelajaran daring kelas XI MAN 2 Pasaman Barat yang ditemukan ada tiga, yaitu campur kode ke dalam, campur kode ke luar, dan campur kode campuran. Penyebab terjadinya campur kode ada lima, yaitu: (1) faktor peran, (2) faktor ragam, (3) faktor keinginan untuk menjelaska dan menafsirkan, (4) faktor penutur, dan (5) faktor bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:25
Last Modified: 02 Aug 2021 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32587

Actions (login required)

View Item View Item