Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Kinerja Perusahaan, dan Diversitas Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Modal Intelektual (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016).

Yenita, Riri (2018) Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Kinerja Perusahaan, dan Diversitas Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Modal Intelektual (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_06_RIRI_YENITA_14043020_4780_2018.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh karakteristik perusahaan, kinerja perusahaan, dan diversitas dewan komisaris terhadap pengungkapan modal intelektual. Karakteristik perusahaan dalam penelitian ini terdiri dari ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan leverage, sedangkan diversitas dewan komisaris terdiri dari dewan komisaris asing dan dewan komisaris independen.Penelitian ini menggunakan teori agency, stakeholder dan signalling theory. Metode penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari 61 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan ukuran perusahaan dan dewan komisaris asingberpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan modal intelektual, sedangkan ukuran perusahaan, leverage, kinerja perusahaan, dan dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:29
Last Modified: 29 Jul 2021 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32583

Actions (login required)

View Item View Item