Desain perangkat pembelajaran pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan holistik di Taman kanak-kanak.

Safira, Dia (2020) Desain perangkat pembelajaran pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan holistik di Taman kanak-kanak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DIA_SAFIRA_17330012_4068_2020.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan awal dalam membentukan karakter anak. Pendidikan karakter menggunakan pendekatan holistik dapat dilakukan dengan merancang desain perangkat pembelajaran seperti Prosem, RPPM dan RPPH. Minimnya karakter pada anak seperti anak kurang tanggung jawab, disiplin,jujur, hormat dan santun pada orang yang lebih dewasa ini membuat pendidikan karakter menjadi semakin penting untuk diterapkan. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan. Pengembangan produk dapat berupa peningkatan atau perancangan produk yang sudah ada sehingga mereka dapat membuat produk yang praktis, efektif dan efisien yang sesuai dengan tema dan sub-sub tema pembelaj aran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model desain instruksional ADDIE. Desain pembelajaran pendidikan karakter dengan pendekatan holistik di Taman kanak- kanak dengan persentase 87% dikategorikan sangat valid hal ini bisa dilihat dari lembar validator ahli. Kepraktisan desain pembelajaran pendidikan karakter dapat dilihat dari penilian guru dengan kategori sangat praktis dengan persentase 90%. Efektif dilihat dari hasil kuesioner aspek perkembangan anak dengan kategori persentase 89% dikategorikan sangat efektif. Dari penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan ini pendidikan karakter pada anak usia dini sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:29
Last Modified: 29 Jul 2021 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32582

Actions (login required)

View Item View Item