Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dan Panjang Lengan dengan Akurasi Servis Atas Pemain Bolavoli Klub Junior Volleyball Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu

Sa’ban, Fazrul (2021) Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dan Panjang Lengan dengan Akurasi Servis Atas Pemain Bolavoli Klub Junior Volleyball Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FAZRUL_SA’BAN_17086123_1892_2021.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendah prestasi pemain bolavoli klub junior volleyball seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Dari beberapa kondisi fisik diantaranya yang menyebabkan masalah tersebut koordinasi mata-tangan dan panjang lengan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan koordinasi mata-tangan dan panjang lengan dengan akurasi servis atas pemain bolavoli klub junior volleyball seluma kabupaten seluma provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah korelasional, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pemain yang rutin latihan berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sensus. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap tiga varriabel. Untuk variabel koordinasi mata-tangan menggunakan test Ballwerfen Und Fungen dan panjang lengan menggunakan tes antropometri sedangkan akurasi servis atas menggunakan tes servis atas dengan target. Data analisis dengan korelasi proudct moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) koordinasi mata-tangan mempunyai hubungan secara signifikan dengan akurasi servis atas dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan thitung = 5.34 > ttabel 1.771. 2) panjang lengan mempunyai hubungan signifikan dengan akurasi servis atas dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan thitung = 3,06 > ttabel 1.771. 3) koordinasi mata-tangan dan panjang lengan secara bersama-sama mempunyai hubungan secara signifikan dengan akurasi servis atas dan diterima kebenaranya secara empiris, dengan Fhitung = 3,791 > Ftabel 1,771.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:28
Last Modified: 29 Jul 2021 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32560

Actions (login required)

View Item View Item