Sistem Informasi Akuntansi Pemberian Kredit dan Pengendalian Kredit Macet pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato.

Meisa, Friska (2018) Sistem Informasi Akuntansi Pemberian Kredit dan Pengendalian Kredit Macet pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_06_FRISKA_MEISA_15133024_5176_2018.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi pemberian kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato dan bagaimana pengendalian kredit macet pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato. Metode yang digunakan diperlukan dalam penyusunan tugas akhir ini yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode penelitian deskriptif dan Tempat pelaksanaan penelitian ini berada di PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi pemberian kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato sudah efektif yaitu didapati dengan dokumen yang digunakan, Catatan akuntansi yang digunakan, Fungsi yang terkait dan Prosedur pemberian kredit yang sudah sesuai dan terstruktur dengan ketentuan yang berlaku. Namun penyelesaian pemberian kredit belum memenuhi dalam dokumen yang digunakan yaitu terdapat dengan tidak adanya pemberian nomor urut cetak pada dokumen. Dan penilaian pemberian kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato menggunakan sistem 5C yaitu character (karakter), capacity (kapasitas), capital (modal), collateral (jaminan), condition of economy (keadaan perekonomian) dan tingkat resiko usaha sudah terlaksanakan dengan baik dan benar. Serta pengendalian kredit macet yang digunakan PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato untuk mangatasi kredit macet terdiri dari teknik pengendalian prefentif dan tekni pengendalian represif. Hasil dari teknik-teknik pengendalian yang digunakan PT. Bank Perkeditan Rakyat Solok Sakato mampu menurunkan persentase kredit macet yaitu pada tahun 2015 NPL kredit macet sebesar 2,04%, pada tahun 2016 NPL kredit macet 2,25% dan pada tahun 2017 NPL kredit macet 1,44% artinya PT. Bank Perkreditan Rakyat Solok Sakato pada pengendalian kedit macet berjalan secara efektif atau lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:28
Last Modified: 29 Jul 2021 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32557

Actions (login required)

View Item View Item