Determinan Pengungkapan Informasi Keuangan dalam Website Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Jambi).

Rozi, Fachru (2018) Determinan Pengungkapan Informasi Keuangan dalam Website Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Jambi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_06_FACHRU_ROZI_14043006_4817_2018.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh belanja daerah, kekayaan daerah, opini audit dan tingkat kemandirian pemerintah daerah terhadap pengungkapan informasi keuangan dalam website pemerintah daerah. Penelitian ini menggunakan teori agensi dan teori legitimasi. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari 42 sampel kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Jambi, data keuangan yang digunakan dalam penelitian adalah laporan keuangan pemerintah daerah yang telah diaudit tahun 2016. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi pada masing-masing website. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%, diperoleh hasil bahwa (1) Belanja daerah tidak bepengaruh terhadap pengungkapan informasi keuangan dalam website pemerintah daerah dengan koefisien β sebesar 0,006 dan nilai signifikansi 0,9595 > 0,05. (2) Kekayaan daerah tidak bepengaruh terhadap pengungkapan informasi keuangan dalam website pemerintah daerah dengan koefisien β sebesar 0,004 dan nilai signifikansi 0,9642 > 0,05. (3) Opini audit tidak bepengaruh terhadap pengungkapan informasi keuangan dalam website pemerintah daerah dengan koefisien β sebesar 0,039 dan nilai signifikansi 0,2616 > 0,05. (4) Tingkat kemandirian pemerintah daerah bepengaruh terhadap pengungkapan informasi keuangan dalam website pemerintah daerah dengan koefisien β sebesar 0,828 dan nilai signifikansi 0,0086 < 0,05. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah daerah sebagai pertimbangan membuat aturan baik tingkat internal maupun eksternal pemerintah daerah agar pengungkapan laporan keuangan dalam website pemerintah daerah menjadi lebih baik kedepannya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel independen lainnya yang diduga berpengaruh terhadap variabel dependen seperti kompetisi politik, tingkat adopsi teknologi, jumlah pegawai yang mengurus website pemerintah daerah, jumlah SKPD dan IPM serta memperpanjang periode penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:28
Last Modified: 29 Jul 2021 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32555

Actions (login required)

View Item View Item