Moralitas dan Pengendalian Internal Dalam Kecenderungan Terjadinya Kecurangan Akuntansi (Studi Eksperimen Pada Konteks Perguruan Tinggi Negeri-BLU).

Rahmat, Armanto (2018) Moralitas dan Pengendalian Internal Dalam Kecenderungan Terjadinya Kecurangan Akuntansi (Studi Eksperimen Pada Konteks Perguruan Tinggi Negeri-BLU). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_06_ARMANTO_RAHMAT_14043001_4816_2018.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris apakah terdapat pengaruh level moralitas dan pengendalian internal terhadap kecenderungan individu untuk melakukan kecurangan akuntansi pada sektor Perguruan Tinggi Negeri yang berstatus Badan Layanan Umum. Moralitas individu dibagi menjadi dua tingkatan yaitu level moralitas tinggi dan level moralitas rendah. Pengendalian internal dimanipulasi pada skenario dengan kondisi ada dan tidak ada pengendalian internal. Kecurangan akuntansi diukur berdasarkan respons dari responden atas skenario yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain 2x2 faktorial. Responden pada penelitian ini adalah pegawai yang bertanggung jawab dalam mengelola anggaran pada Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas. Jumlah responden pada penelitian ini adalah sebanyak 44 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah two ways ANOVA dan uji Kruskal Wallis dalam menguji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya perbedaan kecenderungan kecurangan akuntansu antara individu yang memiliki level moralitas tinggi dengan individu yang memiliki level moralitas rendah. Ada atau tidak adanya elemen pengendalian internal tidak mempengaruhi individu dengan level moralitas tinggi untuk melakukan kecurangan akuntansi. Sedangkan individu yang memeliki level moralitas rendah cenderung melakukan kecurangan akuntansi pada kondisi tidak ada pengendalian internal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:27
Last Modified: 29 Jul 2021 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32553

Actions (login required)

View Item View Item