Profil Tingkat Kemampuan Motorik dan Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Motorik Siswa di SD Negeri 21 Koto Gadang Kecamatan Ranah Pesisir

Areski, Areski (2021) Profil Tingkat Kemampuan Motorik dan Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Motorik Siswa di SD Negeri 21 Koto Gadang Kecamatan Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ARESKI_17089013_2800_2021.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Mengetahui kemampuan motorik anak didik secara akurat merupakan salah satu kunci sukses dalam dunia pendidikan, dengang demikian guru akan mengetahui kemampuan, kesenangan, dan kebutuhan anak, sehingga guru dapat membantu peserta didik untuk menggunakan tubuhnya lebih efisien dalam melakukan berbagai keterampilan gerak dasar dan keterampilan kompleks yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan belum didapati kualitas keterampilan motorik dan faktor yang mempengaruhi kemampuan motorik peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 21 Koto Gadang menjadi latar belakang dilakukanya penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan motorik peserta didik putra dan putri serta melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya di Sekolah Dasar Negeri 21 Koto Gadang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes lempar bola basket, lari cepat 4 detik, passing bola kedinding, lompat jauh tampa awalan dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan bentuk persentase. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu menetapkan siswa kelas 3,4 dan 5 sebagai sampel penelitian. Dalam pengkajian ini Sampel berjumlah 67 orang yang terdiri dari siswa laki-laki sejumlah 42 orang dan jumlah siswa perempuan 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan motorik di SD Negeri 21 Koto Gadang secara keseluruhan dari 67 siswa yang tercatat pada kategori sangat baik sejumlah 5 orang siswa, 18 orang tercatat golongan baik, 24 orang golongan cukup, 16 orang dengan golongan kurang, dan 4 orang dengan golongan sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan motorik di Sekolah Dasar Negeri 21 Koto Gadang sebagaian besar berada pada kategori Cukup yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu disebabkan aktifitas yang dilakukan anak sehari-hari, kurangnya aktifitas olahraga yang dilakukan anak, kurangnya status gizi pada anak pada pola makan yang sehat dan teratur serta perhatian orangtua terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:22
Last Modified: 28 Jul 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32546

Actions (login required)

View Item View Item