Pelaksanaan Pembelajaran Daring Praktek Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Zendra, Adio Okli (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Praktek Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADIO_OKLI_ZENDRA_17086097_1591_2021.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran daring praktek Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sutera Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring praktek PJOK, faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran daring praktek PJOK, dan upaya yang dapat dilakukan untuk melancarkan pelaksanaan pembelajaran daring praktek PJOK pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 1 Sutera. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mewawancarai 18 orang informan yaitu 6 orang tenaga kependidikan di SMAN 1 Sutera, 6 orang peserta didik di SMAN 1 Sutera, dan 6 orang tua peserta didik di SMAN 1 Sutera. Observasi dilakukan selama lebih kurang 1 bulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat di simpulkan beberapa hal berikut; (1) pelaksanaan pembelajaran daring praktek PJOK telah terlaksanan akan tetapi tidak efektif; (2) faktor-faktor hambatan pembelajaran daring praktek PJOK meliputi faktor internal seperti, kurangnya pemahaman konten materi, kurangnya keterampilan dalam menggunakan aplikasi media pembelajaran daring praktek, kurangnya kedisplinan peserta didik, dan kebosanan peserta didik. Faktor eksternal seperti, kemampuan terbatas pendidik, keterbatasan kontrol pendidik, ketidaktersediaan sarana dan prasarana, dan akses jaringan internet yang tidak merata; (3) upaya melancarkan pelaksanaan pembelajaran daring praktek PJOK diantaranya seperti, sekolah memenuhi sarana dan prasarana kebutuhan pendidik, memberikan pelatihan kepada pendidik, dan evaluasi terhadap perkembangang pembelajaran daring di sekolahnya. Upaya guru PJOK meningkatkan kemampuan dengan melakukan pelatihan agar mampu menerapkan model pembelajaran daring praktek yang menarik, menerapkan sistem zonasi agar peserta didik dapat membuat tugas dan mengumpulkannya berkelompok, dan memberikan toleransi bagi peserta didik yang tempat tinggalnya tidak memiliki akses internet untuk terlambat mengumpulkan tugas. Upaya orang tua adalah memantau dan mengontrol anaknya agar melaksananakan kewajiban selama pelaksanaan pembelajaran daring di rumah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:22
Last Modified: 28 Jul 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32528

Actions (login required)

View Item View Item