Pengaruh Peningkatan Dana Beasiswa Bidikmisi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Armida S, Armida S (2018) Pengaruh Peningkatan Dana Beasiswa Bidikmisi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_01_NURUL_FADILLA_14053058_4922_2018.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Dalam menempuh pendidikan yang bermutu dan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi diperlukan biaya yang cukup besar. Pemerintah dalam menghadapi permasalahan ini, memberikan bantuan berupa program beasiswa. Salah satu beasiswa yang diberikan oleh pemerintah adalah beasiswa bidikmisi. Pada awal tahun 2017 pemerintah meningkatkan dana beasiswa bidikmisi yang diterima oleh mahasiswa. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peningkatan dana beasiswa bidikmisi terhadap hasil belajar mahasiswa di jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Padang tahun masuk 2014, 2015, dan 2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional sampling. Data yang digunakan adalah data nilai Indeks Prestasi (IP) mahasiswa sebelum dan sesudah peningkatan dana beasiswa bidikmisi yang berasal dari jurusan Pendidikan Ekonomi FE-UNP. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan dana beasiswa bidikmisi tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa di jurusan Pendidikan Ekonomi FE-UNP. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan yaitu (1) Kepada lembaga dan pihak yang memberikan beasiswa bidikmisi disarankan untuk dapat mengontrol penggunaan beasiswa bidikmisi agar dana beasiswa yang diberikan dapat digunakan untuk kebutuhan akademik sehingga dapat menunjang peningkatan hasil bealjar mahasiswa dengan cara meminta hasil belajar mahasiswa kepada Wakil Dekan 1 atau Pembimbing Akademik; (2) Pihak yang terlibat dengan beasiswa Bidikmisi di UNP disarankan untuk menindaklanjuti implementasi penyalahgunaan keuangan beasiswa bidikmisi melalui laporan berkala 1 (satu) semesteran; (3) Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi disarankan untuk mengelola dana beasiswa yang diterima dengan baik, sesuai dengan tujuan pemberian beasiswa yang dapat menunjang peningkatan hasil belajar; (4) Peneliti selanjutnya disarankan untuk melanjutkan dan menyempurnakan penelitian ini untuk dapat menghasilkan gambaran yang lebih lengkap tentang pengaruh penigkatan dana beasiswa Bidikmisi terhadap hasil belajar mahasiswa atau perilaku orang tua dan mahasiswa yang menerima beasiswa bidikmisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:22
Last Modified: 28 Jul 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32526

Actions (login required)

View Item View Item