: Pengaruh Metode Latihan Global, Elementer dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Dasar Permainan Bolabasket Klub SMA N egeri 1 Koto XI Tarusan

Utami, Ayu Putri (2020) : Pengaruh Metode Latihan Global, Elementer dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Dasar Permainan Bolabasket Klub SMA N egeri 1 Koto XI Tarusan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_AYU_PUTRI_UTAMI_18199006_2634_2020.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini, yakni masih kurangnya kemampuan dasar pemainan bolabasket klub SMA 1 Koto XI Tarusan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode latihan global, elementer dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan dasar permainan bolabasket. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan faktorial by level 2x2. Populasi dalam penelitian adalah pemain Klub SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan yang berjumlah 46 orang. Jumlah sampel dari semua rancangan perlakuan adalah 24 orang, berdasarkan pembagian kelompok 2 7% tingkat motivasi tinggi dan 27% tingkat motivasi rendah. Instrument motivasi berprestasi diukur dengan angket dan tes kemampuan dasar. Data yang diperoleh di analisis menggunakan ANOVA dan uji lanjut Tukey pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil menunjukkan : ( 1) Tidak terdapat pengaruh antara metode latihan global dan metode latihan elementer terhadap kemampuan dasar bolabasket, (2) pada kelompok motivasi berprestasi tinggi kemampuan dasar bermain bolabasket lebih baik daripada kelompok motivasi berprestasi rendah, (3) terdapat interaksi antara metode latihan dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan dasar bolabasket, (4) Pada kelompok motivasi berprestasi tinggi metode latihan global lebih baik dibandingkan metode latihan elementer untuk meningkatkan kemampuan dasar bolabasket, dan ( 5) Tidak terdapat perbedaan pengaruh pada motivasi berprestasi rendah antara metode latihan elementer dengan metode latihan global untuk meningkatkan kemampuan dasar bolabasket.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:21
Last Modified: 28 Jul 2021 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32525

Actions (login required)

View Item View Item