Analisis Kualitas E-Rapor terhadap Kepuasan Guru di SMK Negeri 3 Pariaman

Putri, Ayu Eka (2020) Analisis Kualitas E-Rapor terhadap Kepuasan Guru di SMK Negeri 3 Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_AYU_EKA_PUTRI_17138098_2900_2020.pdf

Download (932kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi E- Rapor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna aplikasi yang telah diterapkan di SMK Negeri 3 Kota Pariaman. Serta untuk mengetahui berapa besar kontribusi content, akurasi, bentuk, dan kemudahan pemakai sebagai bagian dari metode EUCS terhadap kepuasan penggua aplikasi E-Rapor di SMK N 3 Kota Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Untuk melihat kepuasan guru memakai metode EUCS. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMK Negeri 3 Pariaman yang berjumlah 74 orang dengan sampel sebanyak 62 orang teknik pengumpulan data menggunakan angket penelitian, uji coba angket kepada 12 orang guru yang tidak termasuk kedalam sampel kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas, untuk persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas dan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan: Variabel content terhadap kepuasan pengguna Koefisien korelasi (R) diperoleh 0,738 dan koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,545 yang artinya hubungan variabel konten terhadap kepuasan pengguna sebesar 54,5% termasuk kategori sedang, Variabel format terhadap kepuasan pengguna Koefisien korelasi (R) diperoleh 0,827 dan koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,684 yang artinya kontribusi format terhadap kepuasan pengguna sebesar 68,4% termasuk kategori kuat, Variabel accuracy terhadap kepuasan pengguna Koefisien korelasi (R) diperoleh 0,804 dan koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,646 yang artinya kontribusi akurasi terhadap kepuasan pengguna sebesar 64,6% termasuk kategori kuat. Variabel kemudahan pengguna terhadap kepuasan pengguna Koefisien korelasi (R) diperoleh 0,836 dan koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,699 yang artinya kontribusi akurasi terhadap kepuasan pengguna sebesar 69,9% termasuk kategori kuat. Variabel Ketepatan Waktu terhadap kepuasan pengguna Koefisien korelasi (R) diperoleh 0,745 dan koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,555 yang artinya kontribusi ketepatan waktu terhadap kepuasan pengguna sebesar 55,5% termasuk kategori sedang. Variable konten, akurasi, format, kemudahan pengguna dan ketepatan waktu sama sama memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan guru dalam menggunakan aplikasi E-Rapor. diperoleh persamaan regresinya adalah Y= 2,254 + 0,030 XI+ 0,348 X2 + 0,602 X3+ 0,590 X4 + 0,118 X5 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fmtung > F1abe1 (65,117 > 4,04). Koefisien korelasi (R) diperoleh 0,85 dan koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,723 yang artinya kontribusi sebesar 72,3% termasuk kategori kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:45
Last Modified: 27 Jul 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32508

Actions (login required)

View Item View Item