Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh Menggunakan Framework COBIT 5

Hanif, Asnita (2020) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh Menggunakan Framework COBIT 5. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ASNITA_HANIF_1304490_2900_2020.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Proses evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan sebuah kerangka kerja (framework) yang digunakan untuk mengukur kinerja setiap proses tata kelola teknologi informasi pada Diskominfo Kota Payakumbuh. Teknologi informasi yang ada pada instansi seharusnya memberikan dampak positif terhadap tata kelola pemerintahan yang baik, tetapi pada kenyataannya masih ditemui beberapa permasalahan yang membuat tata kelola tersebut belum berjalan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan rekomendasi kegiatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Diskominfo Kota Payakumbuh. Penelitian yang sudah dilakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan menggunakan Framework COBIT 5 sebagai kerangka kerja dalam mengevaluasi tata kelola teknologi informasi yang ada di Dinas Komunikasi dan lnformatika Kota Payakumbuh. Domain COBIT 5 yang dipakai adalah DSS (Deliver, Service and Support). Hasil penilaian tingkat kapabilitas proses menunjukkan hasil dari 6 proses yang diukur dapat diketahui bahwa barn ada 3 proses layanan yang dapat mencapai level 1 sedangkan 3 proses yang lain masih berada pada level O (Incomplete Process). Diperlukan kebijakan dan regulasi yang mendukung setiap penerapan standar manajemen untuk memperbaiki tata kelola teknologi informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:45
Last Modified: 27 Jul 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32505

Actions (login required)

View Item View Item