Pengembangan Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik Anak Usia Dini di Taman-kanak Islam Terpadu Adzkia

Yusanti, Arti (2020) Pengembangan Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik Anak Usia Dini di Taman-kanak Islam Terpadu Adzkia. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ARTI_YUSANTI_17330008_2692_2020.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan fisik motorik belum maksimal,tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan Video pembelajaran gerak dan lagu yang akan menghasilkan Video pembelajaran gerak dan lagu untuk meningkatkan fisik motorik anak usia dini. Video pembelajaran gerak dan lagu yang valid, praktis, dan efektif.Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D ( Four D Model) yang terdiri dari empat tahap yaitu meliputi 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validitas Video pembelajran gerak dan lagu. Data kepraktisan diperoleh melalui lembar terlaksananya RPPH, penilaian respon guru dan penilaian respon anak. Keefektifan dilihat dari aktivitas siswa, penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan uji validitas diperoleh data bahwa persentase rata-rata Video pembelajaran bahan ajar dari validator adalah 86,22% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari terlaksananya RPPH diperoleh 94,33% dengan kategori sangat baik. Efektivitas bahan ajar dilihat dari aktivitas anak, diperoleh rata-rata persentase 96,02% dengan kategori sangat aktif. Dari penilaian harian yang dilakukan terlihat hasil belajar anak cendrung meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan Video pembelajaran gerak dan lagu yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:44
Last Modified: 27 Jul 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32488

Actions (login required)

View Item View Item