Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Kewirausahaan di Taman Kanak-kanak

Muji, Anggarda Paramita (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Kewirausahaan di Taman Kanak-kanak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANGGARDA_PARAMITA_MUJI_ 17330005 _2811_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurang efektifnya pembelajaran di Taman Kanak-kanak, tidak terkecuali pembelajaran yang berkaitan dengan kewirausahaan karena belum tersedianya perangkat pembelajaran berbasis nilai-nilai kewirausahaan di Taman Kanak- kanak. Tujuan penelitian untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Berbasis Nilai-nilai kewirausahaan yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah pendidik dan peserta didik Taman Kanak-kanak Islam Nibras Padang. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh pendidik dan peserta didik. Instrumen pengumpul data berbentuk angket dan lembar observasi. Teknik analisis data nonparametrik digunakan pada analisis validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran berbasis nilai-nilai kewirausahaan dan deskriptif untuk mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis nilai-nilai kewirausahaan. Hasil yang diperoleh yaitu, (1) dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid berbasis nilai-nilai kewirausahaan dengan hasil validasi perangkat pembelajaran nilai Aiken's V sebesar 0,92, konten perangkat pembelajaran dengan nilai Aiken's V sebesar 0,84, bahasa dengan nilai Aiken's V sebesar 0,92 dan nilai-nilai kewirausahaan dengan nilai Aiken's V sebesar 0,93, (2) dihasilkan perangkat pembelajaran yang praktis berbasis nilai- nilai kewirausahaan berdasarkan respon pendidik dengan Nilai Sig 0,487 > 0,05 maka HI diterima, pada uji coba pertama dan Nilai Sig 0,256 > 0,05 maka HI diterima, (3) dihasilkan perangkat pembelajaran yang efektif berbasis nilai-nilai kewirausahaan, dimaknai dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan uji coba pertama 68, 13% kategori Berkembang Sesuai Harapan dan uji coba kedua 79,30% kategori Berkembang Sangat Baik. Maka disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis nilai-nilai kewirausahaan ini valid, praktis dan efektifuntuk dapat dimanfaatkan di Taman Kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:44
Last Modified: 27 Jul 2021 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32487

Actions (login required)

View Item View Item