Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Berprestasi, Dan Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Studi Anggota Pramuka Racana Dang Tuanku Dan Bundo Kanduang

Pratama, Ari Aldi Putra (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Berprestasi, Dan Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Studi Anggota Pramuka Racana Dang Tuanku Dan Bundo Kanduang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ARI_ALDI_PUTRA_PRATAMA_18199004_4131_2020.pdf

Download (811kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya mata kuliah Anggota Pramuka Racana Dang Tuanku dan Bundo kanduang Universitas Negeri Padang yang gagal setiap semester meskipun dengan hasil studi sangat memuaskan. Hasil studi dipengaruhi oleh banyak faktor eksogen diantaranya adalah kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, dan kesegaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh variabel - variabel eksogen secara langsung, secara kausal dan secara simultan terhadap variabel endogen. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pramuka racana dang tuanku dan bundo kanduang Universitas Negeri Padang yang berjumlah 50 orang yang terdiri dari 3 angkatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh (total sampling) dengan jumlah sampel 50 orang anggota Pramuka Universitas Negeri Padang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi dan tes Lari 2.400 meter untuk mengukur kesegaran Jasmani serta data primer yang digunakan untuk melihat hasil studi yang didapat pada setiap semester. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap indeks prestasi sebesar 9,64% (2) Motivasi berprestasi berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif sebesar 16,64% (3) Kesegaran jasmani berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif sebesar 9,36% (4) Kecerdasan emosional melalui kesegaran jasmani berpengaruh secara tidak langsung terhadap indeks prestasi kumulatif sebesar 16,97%. ( 5) Motivasi berprestasi melalui kesegaran jasmani berpengaruh secara tidak langsung terhadap indeks prestasi kumulatif sebesar 22,18%. (6) kecerdasan emosional, motivasi berprestasi dan kesegaran jasmani berpengaruh secara simultan terhadap indeks prestasi kumulatif sebesar 61,4 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:44
Last Modified: 27 Jul 2021 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32484

Actions (login required)

View Item View Item