Pengembangan Industri Kreatif: Pembuatan Souvenir dan Olahan Kuliner untuk Mendukung Ekonomi Masyarakat pada Daerah Wisata Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie Kec. Koto XI Tarusan Kab. Pesisir Selatan (Kawasan Wisata Terpadu Mandeh)

Najmi, Najmi and Yefterson, Ridho Bayu and Lionar, Uun and Syafrina, Yelda and Ozila, Amalini and Randa, Randa and Liswar, Mira and Salji, Iwa (2019) Pengembangan Industri Kreatif: Pembuatan Souvenir dan Olahan Kuliner untuk Mendukung Ekonomi Masyarakat pada Daerah Wisata Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie Kec. Koto XI Tarusan Kab. Pesisir Selatan (Kawasan Wisata Terpadu Mandeh). Project Report. Sejarah FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
NAJMI_LAPORAN_AKHIR_PENGABDIAN_SOUVENIR_DAN_KULINER_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang potensi dan peningkatan ekonomi di bidang industri kreatif pada masyarakat daerah wisata maritim di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie yang juga termasuk sebagai salah satu kawasan wisata terpadu Kepulauan Mandeh, Kecamatan XI Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Nagari (Desa) ini juga termasuk nagari berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2017 bahkan juga menjadi Nagari (Desa) terbaik nasional kategori “Desa Wisata Dengan Perkembangan Tercepat”. Keberhasilan Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie terlihat dari percepatan pembangunan pariwisata sekaligus perubahan masyarakat yang peduli akan pariwisata. Karakteristik masyarakat yang mempunyai keinginan kuat untuk berkembang pada bidang ekonomi kreatif maka peneliti sekaligus pengabdi melakukan pelatihan berupa pengembangan industri kreatif di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie. Kelompok sasaran dari pelatihan tersebut yaitu Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan Ibu-Ibu PKK Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie. Pelatihan ini dalam bentuk pembuatan souvenir dan olahan kuliner dengan memanfaatkan sumber daya alam yang sudah ada terutama hayati laut tanpa merusak ekosistemnya. Pelatihan ini diharapkan mendukung kepariwisataan yang nantinya juga berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat. Penelitian ini karena berbasis pengabdian maka menggunakan metode partisipan di mana peneliti terjun langsung memberikan pelatihan dengan beberapa tim dan nantinya diharapkan masyarakat di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aie dapat meningkatkan potensi ekonominya. Dari evaluasi yang dilakukan, masyarakat di nagari ini belum memaksimalkan potensi hasil laut dan masih minim pengetahuan dan keterampilan di bidang industri kreatif. Hal ini perlu diadakan pelatihan khusus dalam bentuk pelatihan industri kreatif yaitu pembuatan souvenir dan olahan kuliner yang nantinya bisa dijual ke wisatawan yang berkunjung ke nagari tersebut

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 22 Jul 2021 01:55
Last Modified: 22 Jul 2021 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32431

Actions (login required)

View Item View Item