Kontribusi Perpustakaan Sekolah dalam Mengatasi Problematik Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan Tahun Ajaran 2019/2020.

Widyawati, Sari (2020) Kontribusi Perpustakaan Sekolah dalam Mengatasi Problematik Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SARI_WIDYAWATI_16234031_4009_2020.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaimanakah kontribusi perpustakaan sekolah dalam mengatasi problematik gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan 2) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja pendukung dan penghambat gerakan literasi sekolah di SMP Negeri 5Koto XI Tarusan 3) solusi seperti apakah yang dilakukan oleh guru dan pustakawan dalam gerakan literasi di SMPNegeri5 Koto XI Tarusan. Penelitian ini adalah jenis penilian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dari sumber data. Pihak yang di wawancarai antara lain: guru SMPNegeri5 Koto XI Tarusan, pustakawan SMPNegeri5 Koto XI Tarusan, siswa-siswi SMPNegeri5 Koto XI Tarusan. Analisis data dimulai saat penulis mengumpulkan data, dengan cara pengorganisasian, pemecahan, sintesis, menentukan pola, memilah data yang penting dan tidak dengan mengacu pada kontribusi pada upaya menjawab fokus penelitian gerakan literasi sekolah. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan mengarah kepada kesimpulan yaitu: 1) gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan yaitu 15 menit membaca buku non-pelajaran, tahap pengembangan yaitu meningkatkan kemampuan membaca dengan menganalisis buku yang sudah dibaca, tahap pembelajaran yaitu dilanjutkan dengan menganalisis serta pemberian tagihan akademik 2) kontribusi yang dilakukan adalah menrapkan program-program gerakal literasi seperti pojok literasi, memberikan hadiah kepada siswa, pustakawan memberikan pelayanan yang baik kepada guru dan siswa, jam buka layanan perpustakaan dan membaca Al-Quran, asmaul husna dan nyanyian Indonesia raya. 3) faktor penghambat kegiatan literasi di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan: sarana prasarana yang tidak memadai, ketersediaan buku yang tidak lengkap, tidak motivasi siswa agar mengikuti kegiatan dengan baik, memberikan arahan atau teguran, 4) menghimbau kepada seluruh warga sekolah baik guru ataupun siswa untuk gemar membaca dan menullis agar menjadi pribadi yang literat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:24
Last Modified: 19 Jul 2021 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32409

Actions (login required)

View Item View Item