Pengaruh Penggunaan Pestisida terhadap Kerusakan Lingkungan di Desa Sungai Lintang Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci.

Utomo, Dikho Prio (2020) Pengaruh Penggunaan Pestisida terhadap Kerusakan Lingkungan di Desa Sungai Lintang Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DIKHO_PRIO_UTOMO_1304338_3928_2020.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan survey awal yang dilakukan di Desa Sungai Lintang, Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci petani menggunakan pestisida tidak sesuai kententuan yang terdapat pada label / kemasan pestisida sehingga diperkirakan terjadi pengendapan residu didalam tanah dan akan berpengaruh terhadap lingkungan. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk menemukan apakah terdapat residu pestisida pada tanah akibat penggunaan pestisida pada tanaman (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh penggunaan pestisida terhadap kerusakantanah dilahan pertanian (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh penggunaan pestisida terhadap penurunan kualitas hidup petani .(4) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruhpenggunaan pestisida terhadap hasil pertanian dan pendapatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bekerja dengan tiga hipotesis: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pestisida dengan kerusakan tanah pada lahan pertanian, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pestisida dengan Kualitas Hidup Petani, dan (3)adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan pestisida terhadap hasil pertanian dan pendapatan di Desa Sungai Lintang Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa Terdapat residu pestisida di salah satu sampel tanah yang kadar residunya 0,16 mg/kg melebihi batas penetapan 0,005 mg/kg. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi, terdapatpengaruh yang negatif (-0,707) dan signifikan(0,000) antara penggunaan pestisida (X) dengan kerusakan tanah pada lahan pertanian(Y1), Terdapat pengaruh yang negatif (-0,518) dan signifikan(0,001) antara penggunaan pestisida (X) dengan kualitas hidup petani(Y2), dan Terdapat pengaruh yang positif (0,642) dan signifikan (0,000) antara penggunaan pestisida (X) dengan hasil pertanian dan pertanian (Y3). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan pestisida yang tidak sesuai akan berpengaruh terhadap lingkungan, baik terhadap tanah, pendapatan maupun terhadap kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:34
Last Modified: 16 Jul 2021 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32394

Actions (login required)

View Item View Item