Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi

Jefri, Jefri (2019) Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_JEFRI_4265_15058041_2019.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tepatnya pemilihan srategi pembelajaran oleh guru sehingga mengakibatkan rendahmya partisipasi belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi khusus nya pada mata pelajaran Sosiologi. Dalam pembelajaran Sosiologi guru hanya menggunakan media power point untuk menjelaskan materi pembelajaran sehingga membuat siswa bosan dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran Sosiologi. Untuk mengatasi permasalahan diatas peneliti memberi solusi dengan penerapan model Talking Stick untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran sosiologi kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan partisipasi belajar siswa dengan menerapkan model Tailking Stick pada pembelajaran Sosiologi di kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi yang berbentuk daftar ceklis yang memuat indikator partisipasi. Target tingkat kriteria capaian dalam penelitian ini adalah kategori baik pada interval 61% keatas. Hasil penelitian terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi diolah dengan rumus persentase P=(F/N)X100%. Kolaborator dalam penelitian ini adalah Rahmatul Atika Deswara seorang mahasiswa PPL pada periode Januari-Juni 2019 SMA Negeri 3 Bukittinggi. Hasil penelitian menujukan terdapatnya peningkatan dan penurunan partisipasi belajar siswa dengan penerapan model Talking stick. Secara keseluruhan partisipasi belajar siswa meningkat dari tahap pra tindakan sebesar 44% kesiklus I menjadi 73%. Kemudian dari siklus I kesiklus II juga mengalami peningkatan menjadi 81%. Pada indikator bertanya tahap pra tindakan partisipasi belajar siswa 43%, meningkat pada siklus I menjadi 68% dan siklus II meningkat menjadi 77%. Indikator menjawab pada tahap pra tindakan partsipasi siswa 46%, meningkat pada siklus I menjadi 63% dan siklus II meningkat menjadi 83%. Kemudian pada indikator menyampaikan pendapat, tahap pra tindakan partisipasi belajar siswa 37% meningkat pada siklus I menjadi 54%, dan siklus II meningkat menjadi 71%. Pada indikator mengikuti pelajaran dengan baik partisipasi belajar siswa pada tahap pra tindakan adalah 46%, siklus I menjadi 83% dan menurun siklus II menjadi 80%S. Kemudian pada indikator mengerjakan tugas pada tahap pra tindakan partisipasi belajar siswa adalah 49% meningkat pada siklus I menjadi 97% dan menurun pada siklus II menjadi 94%, %, namun penurunan persentase pada dua indikator partisipasi ini masih dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:01
Last Modified: 05 Jul 2021 06:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32282

Actions (login required)

View Item View Item