Pola Interaksi Sosial Masyarakat Muslim dengan Masyarakat Non Muslim di Jorong Sentosa Nagari Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman

Libra, Gina (2019) Pola Interaksi Sosial Masyarakat Muslim dengan Masyarakat Non Muslim di Jorong Sentosa Nagari Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_GINA_LIBRA_4519_15058077_2019.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Interaksi Sosial masyarakat Muslim dengan Masyarakat Non Muslim di Jorong Sentosa Nagari Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Latar belakangi dari ketertarikan peneliti dalam melihat harmonisasi antara masyarakat Muslim dengan Non Muslim di Jorong Sentosa Nagari Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yang didasari dari interaksi yang mereka lakukan sehari-hari. Dalam menganalisis penelitian ini peneliti menggunakan teori yang dipelopori oleh Goerge Simmel yaitu teori Interaksi Sosial. dalam teori interaksi sosial Simmel ada empat bentu dalam interaksi sosial yaitu, (1) Subordinasi dibawah seorang individu dan struktur kelompok.( 2) Subordinasi dibawah lebih dari satu orang. (3) Subordinasi dibawah suatu prinsip ideal (4) Subordinasi dan kebebasan individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif, teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumentasi, untuk analisis data dilakukan dengan cara penyajian data, reduksi data dan verifikasi data. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini peneliti sendiri, panduan wawancara berupa butiran-butiran pertanyaan yang telah disiapkan, sedangkan dalam menunjang dokumentasi terkait dalam penelitian ini adalah alat pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu kamera, hanphone, dan alat perekam yang berguna untuk merekam wawancara dengan informan sehingga bisa mempermudah dalam menyusun data. Hasil kajian tentang pola interaksi sosial masyarakat muslim dengan masyarakat non muslim terdapat dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan, agama, politik, dan perkawinan. Meskipun mereka hidup dalam perbedaan agama tetapi mereka hidup secara rukun dan adanya rasa toleransi yang tinggi antar masyarakat muslim dengan masyarakat non muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:04
Last Modified: 05 Jul 2021 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32268

Actions (login required)

View Item View Item