Resistensi Masyarakat Terhadap Rencana Pembangunan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Di Gunung Talang Kabupaten Solok

Hadi, Eril Sastra (2019) Resistensi Masyarakat Terhadap Rencana Pembangunan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Di Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_ERIL_SASTRA_HADI_4571_15058058_2019.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penolakan masyarakat terhadap rencana pembangunan proyek geothermal atau PLTP di Gunung Talang Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Penolakan yang dilakukan oleh masyarakat adalah demonstrasi di depan Kantor Bupati Kabupaten Solok, menghadang dan menghalangi pihak PT. Hitay Daya Energi dan aparat yang datang ke lokasi pengeboran sumur panas bumi yang terjadi, membuat spanduk dan baliho, mendirikan camp-camp di area pintu masuk proyek geothermal yang berada di Jorong Lurah Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Lembang Jaya,dan membuat pernyataan penolakan di media sosial. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui alasan Masyarakat Salingka (Sekitar) Gunung Talang menolak rencana pembangunan proyek PLTP di Gunung Talang Kabupaten Solok. Teori yang digunakan adalah teori Difusi Inovasi dari Everett M. Rogers. Proses penciptaan difusi menurut Everett M. Rogers terdiri dari tiga langkah sebagai berikut. Pertama, mempelajari inovasi merupakan tahap paling awal warga melihat dan mengenali inovasi baru dari barbagai sumber. Kedua, pengadopsian merupakan tahap warga mulai menggunakan inovasi yang sudah dipelajari. Ketiga, tahap pengembangan jaringan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus intrinsik dan pemilihan informan dengan teknik purposive sampling sebanyak 13 orang informan. Dalam pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan triangulasi pengamat dari Neuman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penolakan masyarakat terhadap rencana pembangunan Geothermal ini disebabkan oleh beberapa aspek yang mempengaruhi. Aspek tersebut, yaitu (1) Pengenalan Atribut, (2) Jenis Keputusan, (3) Saluran Komunkiasi, (4) Kondisi Sistem Sosial dan (5) Peranan Agen Pembaharu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:29
Last Modified: 28 Jun 2021 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32181

Actions (login required)

View Item View Item