Penerapan Model TGT dengan Variasi LKPD Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Padang Pariaman

Mayani, Diana Sri (2019) Penerapan Model TGT dengan Variasi LKPD Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_DIANA_SRI_MAYANI_4569_15058036_2019.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang cocok untuk meningkatkan minat belajar sosiologi siswa yaitu dengan menerapankan model yang cocok untuk peningkatan minat yaitu menggunakan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penerapan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus dilakukan dengan dua kali petemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung dengan jumlah 30 orang. Pada kasus ini penulis menetapkan kategori yang ingin di capai pada minat belajar sosiologi siswa pada skor presentase tinggi yaitu 76%-100% menurut Ahli Arikunto. Hasil yang didapat memperlihatkan bahwa penerapan model TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung tahun ajaran 2019/2020 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor observasi minat belajar sosiologi dari sebelum penerapan model pembelajaran TGT dengan variasi LKPD berbasis kontekstual skor presentasenya 29%, setelah diterapkan model TGT pada siklus I skor nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 39% menjadi 68%. Peningkatan juga terjadi pada siklus I menuju siklus II yaitu sebesar 12% sehingga didapat skor 80% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:15
Last Modified: 21 Jun 2021 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32093

Actions (login required)

View Item View Item