Motif wisatawan Mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pangaraian Kabupaen Rokan Hulu

Wulandari, Ayu (2019) Motif wisatawan Mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pangaraian Kabupaen Rokan Hulu. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_AYU_WULANDARI_09_14058027_2019.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di kawasan wisata religi Masjid Agung Madani Islamic Centre yang beberapa tahun belakang ini mengalami peningkatan jumlah kunjungan yang sangat signifikan. Hal ini berkaitan dengan motif kunjungan wisatawan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif wisatawan mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori fenomenologi oleh Alfred Schutz. Schutz berpendapat bahwa realitas sosial merupakan dunia intersubjektif yang dimiliki bersama orang lain. Realitas sosial tercipta jika individu merekontruksi atau menyusun makna (tipikasi). Tipikasi merupakan proses pengklasifikasian atau penyusunan makna berdasarkan pengalaman yang melihat kesamaan dengan kenyataan yang sangat di pengaruhi oleh “stock of knowledge” (pengetahuan yang sudah ada dalam pemikiran manusia). Schutz berpendapat bahwa manusia memiliki setiap keinginannya sendiri dan itu yang menjadi pendorong ia untuk melakukan sesuatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara, dan studi dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan temuan penelitian ini, motif wisatawan mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre di bagi menjadi dua yaitu motif internal dan motif eksternal. Motif internal merupakan suatu pandangan mereka dalam melakukan kegiatan wisata disebabkan oleh dorongan dari dalam dirinya, tanpa adanya paksaan dari luar. Sedangkan motif eksternalnya disebabkan oleh pengaruh dari teman, informasi dari pamflet dan juga pengaruh media massa yang menjadi motif wisatawan mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Centre. Motif ini disebut sosiogenetis, yaitu motif yang diperoleh individu berdasarkan interaksi sosial dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:14
Last Modified: 21 Jun 2021 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32089

Actions (login required)

View Item View Item