Faktor Penyebab Kurangnya Minat Tamatan SMA Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Perspektif Gender (Studi Kasus Terhadap 8 Orang Remaja Di Kelurahan Tanah Sirah Piai).

Atalia, Atalia (2019) Faktor Penyebab Kurangnya Minat Tamatan SMA Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Perspektif Gender (Studi Kasus Terhadap 8 Orang Remaja Di Kelurahan Tanah Sirah Piai). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_ATALIA_187_14052054_2019.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hak asasi manusia yang paling mendasar, setiap warga negara baik laki-laki maupun perempuan berhak mendapatkan kesempatan setara untuk mengenyam pendidikan. Masyarakat diharuskan memiliki pengetahuan dan pendidikan yang baik sehingga tidak ketinggalan dalam perkembangan zaman. Untuk memiliki kualitas dan pengetahuan yang baik harus mempunyai latar belakang pendidikan yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat laki-laki dan perempuan tamatan SMA di Kelurahan Tanah Sirah Piai Kecamatan Lubuk Begalung melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. 2) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat anak laki-laki dan perempuan tamatan SMA untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan cara purposive sampling, dengan kriteria anak yang tidak kuliah sebagai informan utama dan orang tua anak remaja, Lurah, masyarakat sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check dengan melakukan pengecekan dengan hasil pengamatan (observasi) yang peneliti lakukan selama masa penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)faktor yang menyebabkan kurangnya minat remaja terhadap pendidikan di perguruan tinggi di Kelurahan Tanah Sirah Piai adalah: (a)faktor internal meliputi, keinginan dari diri sendiri untuk tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan dan keinginan untuk membantu perekonomian keluarga yang berasal dari kemauan individu itu sendiri. (b)faktor eksternalnya meliputi, ikut-ikutan teman (pergaulan dengan teman yang tidak kuliah) dan tidak mempunyai biaya untuk ke bangku kuliah. 2)Upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan minat remaja tamatan SMA melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi yaitu: (a)Upaya yang dilakukan dari diri sendiri meliputi, mendekatkan diri dengan kakak-kakak dan abang-abang yang kuliah dan juga memperbanyak informasi tentang perguruan tinggi dari berbagai sumber media massa. (b)Sedangkan upaya yang dilakukan oleh keluarga meliputi, memberikan dukungan dan arahan kepada diri si anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:14
Last Modified: 21 Jun 2021 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32088

Actions (login required)

View Item View Item