Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Wahyuni, Zahra Ade and Yerimadesi, Yerimadesi (2021) Praktikalitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3). pp. 680-688. ISSN Print: 2656-8063 dan Online: 2656-8071

[img]
Preview
Text
2021_Ade_Yerimadesi_Praktikalitas_E_Modul_Kimia_Unsur_EDUKATIF_JURNAL_ILMU_PENDIDIKAN.pdf

Download (318kB) | Preview
Official URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/vi...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktikalitas e-modul kimia unsur berbasis guided discovery learning untuk siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan R&D dengan model Plomp pada tahap prototyping stage dan asessment phase. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji praktikalitas dan lembar jawaban siswa pada e-modul. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru kimia dan 39 siswa kelas XII SMAN 1 Payakumbuh. Data dianalisis dengan formula Aiken’s V. Hasil one to one evaluation menunjukkan e-modul menarik, huruf jelas, bahasa mudah dimengerti sehingga siswa mudah memahami materi. Hasil analisis data rata-rata formula Aiken’s V pada tahap small group sebesar 0,82 dan 0,85 pada tahap field test. Data ini dibuktikan dengan kemampuan siswa menjawab soal pada e-modul sebesar 90% pada tahap small group dan 88% pada tahap field test dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa e-modul kimia unsur berbasis guided discovery learning praktis digunakan dalam proses pembelajaran Kimia SMA dengan kategori kepraktisan tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran kimia unsur.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:11
Last Modified: 18 Jun 2021 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32080

Actions (login required)

View Item View Item