Upaya Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa UNP dalam PKM 5 bidang

Andhika, Yogi Febri (2019) Upaya Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa UNP dalam PKM 5 bidang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_YOGI_FEBRI_ANDHIKA_2822_15052123_2019.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak mahasiswa yang belum mengetahui betapa pentingnya menulis terutama manfaat yang akan didapat melalui Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Dimana salah satu sarana pemahaman tentang keilmiahan yaitu melalui unit kegiatan mahasiswa. Sehingga diperlukan suatu proses pemberian pemahaman tentang ilmiah. Universitas Negeri Padang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berpartisipasi dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana upaya Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa UNP dalam PKM 5 bidang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, peningkatan kemampuan yang dilakukan PPIPM pertama, workshop. Kedua, pusat informasi dan konsultasi. Ketiga, bimbingan. Keempat, penyeleksian PKM. Kendala yang dihadapi oleh PPIPM yaitu pertama, masih kurangnya antusias dan partisipasi mahasiswa UNP terkait PKM. Kedua, masih kurangnya sosialisasi terkait PKM. Ketiga, masih rendahnya kualitas dan kuantitas proposal KM yang dihasilkan. Upaya yang dilakukan oleh PPIPM yaitu pertama, pemberian bebas UKT dan skripsi bagi yang lolos PIMNAS dan Pemberian hadiah 20 juta perkelompok bagi yang juara oleh Rektor UNP. Kedua, PKM Corner disetiap fakultas sebagai pusat informasi terkait PKM. Ketiga, Perubahan sistem pengunggahan dan mendatangkannya reviewer nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:48
Last Modified: 18 Jun 2021 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32054

Actions (login required)

View Item View Item