Peran Guru Perempuan Dalam Pembentukan Karakter Anak Di TPA/MDA Masjid Taqwa Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging

Anggraini, Wilda Wisnofa (2019) Peran Guru Perempuan Dalam Pembentukan Karakter Anak Di TPA/MDA Masjid Taqwa Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_WILDA_WISNOFA_ANGGRAINI_2633_15052122_2019.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ikut sertanya perempuan berpartisipasi menjadi guru mengaji dalam mengajarkan Al-Qur’an. Perempuan berpartisipasi menjadi guru mengaji karena suka membaca Al-Qur’an, sayang terhadap anakanak bahkan memang keinginan dari dalam hati untuk mengajarkan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru perempuan serta kendalakendala yang dihadapi guru perempuan dalam pembentukan karakter anak didik di TPA/MDA Masjid Taqwa Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, karena penelitian ini berusaha menggambarkan dan melukiskan fakta-fakta secara akurat tentang suatu keadaan atau peristiwa yang tampak pada guru perempuan. Informan penelitian sebanyak 13 guru mengaji perempuan, 16 anak didik, 7 pengelola dan 14 orang tua (masyarakat). Hasil penelitian menunjukan bahwa guru perempuan dalam pembentukan karakter anak dapat dikategorikan baik hal ini ditunjukan guru perempuan berperan sebagai pengajar dalam memperbaiki bacaan Al-Quran dan iqra dengan baik dan benar serta fasih, yang dilakukan dengan cara guru mengaji terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh anak didik. Sebagai pendidik yaitu guru menanamkan sikap saling menghargai, guru memberikan hukuman yang mendidik, guru mencontohkan adab yang mengikuti sunnah Rasul, guru memberi motivasi dan guru memberi peluang kepada anak didik untuk tampil saat didikan subuh. Sebagai teladan guru menanamkan jiwa disiplin, serta guru menanamkan jiwa taat dalam beribadah. Kendala yang dihadapi yaitu kebiasaan masyarakat yang mencela profesi guru mengaji, guru sabar mengajar karena daya tangkap anak didik lambat serta kurang maksimalnya kerjasama guru mengaji dengan orangtua anak didik. Dapat disimpulkan bahwa peran guru perempuan dalam membentuk karakter anak diantaranya sebagai pengajar, pendidik dan teladan. Saran kepada guru mengaji agar mempertahankan sikap disiplin sehingga anak didik juga terbiasa untuk disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:48
Last Modified: 18 Jun 2021 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32052

Actions (login required)

View Item View Item