Pembinaan Karakter Anak Usia Sekolah di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Kota Kandis Kenagarian Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Vingki Elpani (2019) Pembinaan Karakter Anak Usia Sekolah di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Kota Kandis Kenagarian Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_VINGKI_ELPANI_PUTRI_2759_15052121_2019.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian kurangnya sikap dan perilaku anak usia sekolah yang mencerminkan patuh terhadap ajaran agama dan dilihat dari aspek kedisiplinan masih banyak anak usia sekolah yang tidak menaati aturan dan tata tertib yang berlaku di Taman Pendidikan AlQur’an (TPA). Penelitan ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana bentuk pembinaan karakter di TPA Koto Kandis dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam pembinaan karakter anak usia sekolah di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Koto Kandis, Kenagrian Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskrptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Wali Nagari, Kepala Kampung, Ketua pengelolah TPA, Guru yang mengajar, Tokoh Msyarakat dan Murid TPA Koto Kandis. Bentuk pembinaan Karakter (Religius dan kedisiplinan) yang dilakanakan di TPA Koto Kandis Kenagarian Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan seperti pembiasaan, keteladanan dan memberikan motivasi atau dorongan. Pembiasaan yang dilakukan seperti membiasakan membaca do’a sebelum belajar, membiasakan 3S (Salam, Senyum, Sapa) dan membiasakan giat belajar. Bentuk keteladanan yang dilakukan oleh guru seperti mengumpulkan sumbangan, sabar menghadapi murid dan bersikap jujur. Sedangkan memberikan motivasi atau dorongan seperti memberikan apresiasi atau penghargaan dan memberikan hukuman.Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembinaan seperti waktu pelaksanaan yang kurang optimal, sarana dan prasarana yang tidak lengkap dan pemberian sanksi yang kurang tegas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:48
Last Modified: 18 Jun 2021 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32049

Actions (login required)

View Item View Item