Pengaruh Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) Terhadap Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang.

Jasmarnisa, Tasya Juliani (2019) Pengaruh Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) Terhadap Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_TASYA_JULIANI_JASMARNISA_2836_15052067_2019.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) merupakan kegiatan pertukaran mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah yang beranekaragam bahasa, suku, ras, budaya, agama, dan kebiasaaan. Mereka dikumpulkan ke satu universitas yang disebut dengan universitas tujuan yang berjumlah 12 Lembaga Perguruan Tinggi Keguruan. Tujuan dari program Permata ialah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa Indonesia dengan melakukan pembelajaran lintas budaya sehingga mengenal keanekaragaman Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan peran program Permata dalam membentuk wawasan kebangsaan mahasiswa, nilai-nilai yang terdapat dalam program Permata, serta bentuk hambatan dan tantangan mahasiswa Universitas Negeri Padang selama kegiatan Permata. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi atau mix methods dengan informan sebanyak 11 orang masing-masing dari universitas tujuan dan 45 orang mahasiswa Universitas Negeri Padang yang diberangkatkan ke daerah lain. Pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan peran program Permata secara psikologis, sosial, universitas, dan negara serta menguraikan nilai-nilai sosial serta hambatan dan tantangan mahasiswa Permata Universitas Negeri Padang tahun 2018 selama kegiatan pertukaran. Hasil penelitian menunjukkan peran program Permata dalam meningkatkan wawasan kebangsaan sangat besar secara psikologis, sosial, universitas, dan negara dengan penanaman nilai-nilai sosial yaitu nilai solidaritas, persatuan, keberagaman, kebudayaan dan toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Walaupun terdapat beberapa hambatan dan tantangan yang harus dihadapi yaitu bahasa, gaya bicara, kebiasaan, cuaca dan suhu serta cita rasa makanan namun hal tersebut dapat dilalui oleh mahasiswa Permata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:48
Last Modified: 18 Jun 2021 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32047

Actions (login required)

View Item View Item