Implementasi Program Kampung KB dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Rahman HM, Rahman HM (2019) Implementasi Program Kampung KB dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_RAHMAN_HM_3264_14052082_2019.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yaitu pelaksanaan program kampung KB. Program kampung KB ini telah dilaksanakan oleh berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di Kampung KB Berok di Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Kampung KB serta kendala dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat RW 12 Berok Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasi di RW 12 Berok, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Jenis data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, kemudian dianalisis dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Kampung KB Berok antara lain program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Kelima program tersebut dilakukan mengatasi permasalahan kesejahteraan masyarakat Berok dan menyasar pada kelompok-kelompok marjinal masyarakat. Kendala implementasi program Kampung KB Berok antara lain rendahnya kualitas kader, keterbatasan dana, koordinasi kader dan pengurus, dan kurangnya partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, butuh peran serta dari semua pihak dalam mendukung implementasi program Kampung KB Berok dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:48
Last Modified: 16 Jun 2021 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31992

Actions (login required)

View Item View Item