Strategi Mahasiswa Bidikmisi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negseri Padang.

Wati, Pika Indra (2020) Strategi Mahasiswa Bidikmisi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negseri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_PIKA_INDRA_WATI_2576_15051040_2019.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Strategi belajar sangat penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Dengan strategi belajar yang baik maka akan memperoleh hasil yang baik. Faktanya yang terjadi dilapangan banyak mahasiswa yang menggunakan strategi belajar yang salah sehingga membuat prestasi belajarnya menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi belajar mahasiswa penerima Bidikmisi (studi mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang ditinjau dari faktor prestasi belajar, strategi belajar, dan kendala belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel mahasiswa Bidikmisi angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang yang berjumlah 218 mahasiswa yang dipilih dengan teknisk proportional stratified sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen strategi mahasiswa Bidikmisi dalam meningkatkan prestasi belajar yang menggungkapkan prestasi belajar mahasiswa Bidikmisi angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan strategi mahasiswa Bidikmisi dalam meningkatkan prestasi belajar angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang pada umunya tergolong tinggi dengan persentase 59,6%. Dengan indikator (1) prestasi belajar pada umumnya tergolong tinggi dengan persentase 53,9% dilihat pada faktor internal dan eksternal, (2) strategi belajar pada umumnya tergolong tinggi dengan persentase 55,3% yang dilihat pada komitmen belajar dan teknik belajar, dan (3) kendala belajar pada umumnya tergolong rendah dengan persentase 31,2% dilihat pada faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:14
Last Modified: 24 Jul 2021 09:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31980

Actions (login required)

View Item View Item