Kreatifitas Guru dalam penerapan Kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran PPKn di SMP N 25 Padang

Muty, Ornella (2019) Kreatifitas Guru dalam penerapan Kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran PPKn di SMP N 25 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_ORNELLA_MUTY_434_1302429_2019.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas kreativitas guru mengajar dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Penelitian dilakukan di SMP N 25 Padang. Kreativitas dinilai tentang bagaimana guru mengembangkan metode, strategi dan juga media dalam mempelajari mata pelajaran PPKn. Peneliti menemukan beberapa hal yang berkaitan dengan kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Seperti apa kendala yang dihadapi oleh guru dan juga upaya apa yang telah dilakukan oleh sekolah dalam mengatasi upaya dan cara-cara untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas guru mengajar di kelas. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara dan pengumpulan kuesioner. Wawancara dilakukan dengan guru PPKn, kepala sekolah, dan siswa. Pengumpulan kuesioner dilakukan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang lebih akurat. Data yang diperoleh oleh peneliti adalah. (1) masih kurangnya kreativitas guru PPKn dalam proses pembelajaran. Karena guru masih tidak dapat mengembangkan metode dan strategi pembelajaran. (2) kendala yang dihadapi oleh guru berasal dari dalam guru itu sendiri, yaitu kurangnya kemampuan guru untuk menggunakan teknologi seperti yang diminta oleh kurikulum 2013. Serta kendala eksternal yang dihadapi, yaitu mengenai jam belajar yang begitu padat membuat guru merasa kesulitan menyiapkan bahan ajar. (3) jumlah upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas dan membantu guru untuk dapat menyesuaikan cara belajar dengan kurikulum 2013. Salah satunya adalah dengan melibatkan guru mata pelajaran dalam pelatihan dan juga bimbingan teknis pada kurikulum 2013 dan mata pelajaran terkait. Sekolah dan juga para guru selalu melakukan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelajaran sehingga tujuan pembelajaran kurikulum 2013 tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:14
Last Modified: 16 Jun 2021 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31978

Actions (login required)

View Item View Item