Peranan Program Tadarus Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 15 Padang

Delviana, Muthia (2019) Peranan Program Tadarus Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_MUTHIA_DELVIANA_2747_15052080_2019.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peranan program tadarus Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa SMA Negeri 15 Padang, mengidentifikasikan kendala-kendala yang di hadapi serta mendeskripsikan upaya mengatasi kendala- kendala terkait program tadarus Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mengambil lokasi di SMA Negeri 15 Padang. Alasan penulis memilih lokasi tersebut karena SMA Negeri 15 Padang merupakan salah satu sekolah pelaksana aktif program tadarus Al-Qur’an sejak tahun 2012. Penetapan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pembentukan karakter melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an ini memiliki 4 metode diantaranya 1) Pembiasan. Pembiasaan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam hal ini SMA Negeri 15 Padang dalam pelaksanaan kegiatan tadarus Al-Qur’an. Pembiasaan yang dimaksud disini yaitu membiasakan siswa untuk melakukan kegiatan membaca AlQur’an setiap pagi yang dibiasakan kepada seluruh siswa sejak masuk ke SMA Negeri 15 Padang. 2) Pemahaman . Pemahaman merupakan memberikan pengertian atau penjelasan yang diberikan oleh guru kepada siswa SMA Negeri 15 Padang yang di sampaikan setiap pagi seusai pembacaan Al-Qur’an pemahaman yang dimaksud disini yaitu memberikan penjelasan bahwasannya kegiatan tadarus Al-Qur’an ini merupakan perbuatan baik yang nantinya akan berdampak bagi kehidupan jika dilakukan dengan serius. Tujuannya agar siswa siswi tahu dan mau melakukan hal tersebut dalam keluarga ataupun dalam masyarakat. 3) Keteladanan. membentuk karakter siswa melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an ini yaitu dengan memberikan keteladanan yang dilakukan oleh guru melalui sikap dan perbuatannya. Tujuannya untuk memberikan contoh kepada siswa agar dapat meningkatkan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian, sikap dan tingkah laku yang berbudi pekerti luhur dalam kehidupan sehari-hari. 4) Memberikan penghargaan. Pembentukan karakter di SMA Negeri 15 Padang yaitu dengan memberikan penghargaan supaya dapat mempertahankan keberhasilannya dan semakin bersemangat. Penghargaan yang di berikan oleh pihak sekolah adalah dengan mengadakan khatam Al-Qur’an untuk mengapresiasi siswa yang sudah melaksanakan dengan baik moto dari SMA Negeri 15 Padang, selain melaksanakan khatam Al-Qur’an sekolah juga menghadiahi beberapa orang siswa dengan bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar. Namun dalam pelaksanaan program ini masih ditemukan kendala seperti, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya koordinasi guru dengan pihak orang tua serta kurang adanya sanksi ayng tegas oleh pihak sekolah kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:14
Last Modified: 16 Jun 2021 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31969

Actions (login required)

View Item View Item