Komparasi Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Padang

Krismon, Yuli Triana (2020) Komparasi Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YULI_TRIANA_KRISMON_16016068_2339_2020.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Ketiga, menganalisis komparasi keterampilan menulis teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain komparasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 256 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan simple random sampling 20% dari populasi siswa per kelas, yaitu 48 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi dan cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Data tersebut diperoleh melalui tes unjuk kerja. Tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi dan cerita fantasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 72,66. Kedua, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 82,73. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 3,68 > 1,68

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:19
Last Modified: 15 Jun 2021 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31958

Actions (login required)

View Item View Item